Survei

Laporan DSInnovate: Membangun "Digital Trust" di Indonesia

Laporan ini membahas konsep dasar, prinsip, dan studi kasus penerapan "digital trust" di industri digital

Ekonomi digital di Indonesia diperkirakan akan mencapai $146 miliar pada tahun 2025, meningkat sampai 2x lipat dibandingkan perolehan di tahun 2021 yakni $70 miliar. Seiring dengan pertumbuhan tersebut, diperlukan inovasi untuk memastikan lalu-lintas data dan transaksi yang semakin besar ini berada di lajur yang aman.

Dari hipotesis tersebut, terminologi "digital trust" kemudian muncul menjadi sebuah persyaratan mendasar bagi bisnis yang ingin mengadopsi teknologi. Hal ini juga seiring dengan kesadaran masyarakat tentang privasi dan keamanan data, mendorong pengembang untuk menghadirkan sebuah sistem aplikasi yang aman dan terjamin.

More Coverage:

Laporan DSInnovate: Fintech Report 2021

Sebagai upaya untuk memperkenalkan lebih dalam tentang konsep digital trust tersebut, DSInnovate meluncurkan laporan bertajuk "Building Trust in Indonesia’s Digital Economy". Di dalamnya membahas tiga topik utama, meliputi:

  1. Pengenalan digital trust; memaparkan definisi, urgensi, sampai dengan perspektif industri mengenai digital trust. Turut dibahas juga tentang standar internasional yang banyak dijadikan acuan para pelaku industri dalam menerapkan digital trust.
  2. Prinsip dasar digital trust; menjelaskan tentang tiga prinsip utama digital trust meliputi kecepatan, skalabilitas, dan keamanan yang disuguhkan.
  3. Perkembangan digital trust di Indonesia; mengulas tentang digital trust di Indonesia beserta studi kasus yang sudah ada sejauh ini.

More Coverage:

Laporan DSInnovate: Bank Digital di Indonesia 2021

Terdapat beberapa temuan menarik, salah satunya dari hasil interview dengan sejumlah pemain industri yang mengatakan bahwa peningkatan digital trust dapat meningkatkan ketertarikan konsumen dengan layanan yang disuguhkan. Selain itu adopsi prinsip-prinsip digital trust juga dikatakan menjadi langkah preventif yang efisien untuk menghindarkan bisnis dari risiko seperti fraud dan kejahatan lain terkait pemalsuan identitas.

Untuk ulasan dan berbagai temuan selengkapnya dari riset tersebut, unduh laporan tersebut melalui tautan berikut: "Building Trust in Indonesia’s Digital Economy".

More Coverage:

Laporan DSInnovate: Dampak Program Inkubator dan Akselerator untuk Ekosistem Startup Indonesia

- Disclosure: DSInnovate bekerja sama dengan VIDA dalam penyusunan laporan ini

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter